Image News

SEKILAS POLITEKNIK LPP

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN

Politeknik LPP dari segi historis berkaitan erat dengan pusat pengembangan SDM perkebunan Indonesia, yaitu Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP). Lembaga ini merupakan pengembangan dari Collage Gula Negara (CGN) yang didirikan pada tahun 1950, yaitu lembaga yang menyiapkan Ahli Gula Indonesia. Pada tahun 1960, CGN berubah menjadi Akademi Gula Negara (AGN) dengan tetap meluluskan ahli gula. Pengembangan SDM perkebunan gula ini kemudian diperluas ke perkebunan aneka tanaman (kelapa sawit, teh, kopi, kakao, karet, tebu, tembakau dan sebagainya), sehingga AGN diubah menjadi Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) pada tahun 1970.

Karena kebutuhan SDM perkebunan semakin meningkat, maka atas kehendak perusahaan perkebunan, LPP diminta membuka program Pendidikan Ahli Usaha Perkebunan (PAUP) atau program pendidikan setara DIII dengan jurusan Agronomi, Teknik Mesin, Pengolahan dan Akuntansi. PAUP berdiri pada tahun 1983. Seiring dengan perjalanan waktu, PAUP berkembang menjadi Politeknik LPP yang ditetapkan dengan SK Mendikbud Nomor 66/D/O/1997 dan SK Dirjen Dikti Depdikbud Nomor 319/Dikti/Kep/1998 yang memiliki program pendidikan Diploma III dengan program studi : Teknik Kimia, Teknik Mesin, Akuntansi dan Budidaya Tanaman Perkebunan. Mulai tahun 2010, Politeknik LPP telah membuka Program Diploma IV/Sarjana Terapan untuk Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan.

 

VISI dan MISI

Visi : Menjadi Perguruan Tinggi terbaik bidang perkebunan di Indonesia yang mampu menghasilkan lulusan yang profesional dan berkarakter.

MISI :

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi yang relevan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan industri perkebunan, untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan berkarakter.
  2. Menyelenggarakan penelitian terapan dan pengabdian masyarakat untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang menunjang proses belajar mengajar serta mendukung pengembangan teknologi industri perkebunan.
  3.  Menjalin kerjasama yang harmonis dan berkesinambungan dengan pemangku kepentingan guna pengembangan keahlian dan keilmuan.
  4. Menyelenggarakan tata keloloa perguruan tinggi yang efektif dan efisien berdasakan pada prinsip-prinsip keadilan, transparan, tanggungjawab, kredibel dan akuntabel.

 

FASILITAS

  1. Perpustakaan dan E-Learning
  2. Laboratorium Komputer
  3. Laboratorium Praktikum                                                                                                                                                Lab. Anggaran, Lab. Auditing, Lab. Pengantar Akuntansi, Lab. Administrasi Perusahan Perkebuan dan Lab. Perpajakan (Akuntansi). Lab. Konstruksi dan Las, Lab. Pengujian Bahan, Lab. Fenomena Dasar Mesin, Lab. Instrumentasi, Lab. Listrik, Lab. Perawatan Mesin dan Lab. Motor Bakar (Teknik Mesin).  Lab. Analisa Gula, Lab. Teknologi Pengolahan Gula, Lab. Teknologi Lingkungan, Lab. Rekayasa Proses, Lab. Aneka Tanaman, Lab. Instrumen dan Lab Mikrobiologi (Teknik Kimia). Lab. Budidaya Tanaman Umum, Lab. Proteksi Tanaman, Lab Tanah dan Pupuk, Lab. Mekanisasi dan Rumah Kaca (Budidaya Tanaman Perkebunan)
  4. Kebun Praktik                                                                                                                                                                        Kelapa Sawit dan Karet di Rangkasbitung, Banten serta Tebu, Kopi dan Kakao di Wedomartani, Sleman, Yogyakarta 
  5. Fasilitas Penunjang Lainnya seperti ATM, kantin, masjid, klinik kesehatan, asrama mahasiswa, auditorium, ruang UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan fasilitas olahraga seperti tenis meja, bulu tangkis serta fasilitas kesenian
29 November 2019, 16:25:30
Butuh Bantuan? Hubungi Kami!