Jalur Seleksi

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Politeknik Perkebunan LPP Yogyakarta Tahun Akademik 2022/2023 membuka 7 (tujuh) jalur seleksi bagi siswa SMA/SMK/MA-sederajat segala jurusan di Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi. Jalur seleksi tersebut diantaranya:

 

Jalur Reguler

Jalur ini dikhususkan bagi lulusan SMA/SMK/MA sederajat dari segala jurusan yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Peserta jalur Reguler maksimal merupakan lulusan tahun 2018. Seleksi jalur ini berupa Tes Potensi Akademik (TPA) yang dilakukan secara daring (online) mandiri maupun datang langsung ke Kampus Politeknik LPP Yogyakarta.

 

Jalur Undangan

Jalur ini dikhususkan bagi siswa dari sekolah tertentu yang dipilih oleh panitia PMB melalui surat penunjukan resmi. Peserta pada jalur ini dapat masuk tanpa tes, dengan syarat peserta masuk peringkat 5 besar selama semester I-V dan/atau pernah menjadi ketua OSIS dengan melampirkan surat keterangan dari Kepala Sekolah dan melalui verifikasi Panitia PMB. 

 

Jalur Nilai UTBK

Jalur ini menggunakan Nilai UTBK tahun 2022, dengan melampirkan sertifikat nilai UTBK 2022 (tanpa tes). Batas minimal nilai UTBK (passing grade) untuk jenjang Diploma 3 dan Diploma 4 akan diatur kemudian. Panitia berhak melakukan verifikasi atas nilai UTBK dari calon mahasiswa.

 

Jalur Beasiswa Internal Politeknik LPP

Jalur ini dikhususkan bagi lulusan SMA/SMK/MA-sederajat tahun 2021 atau tahun 2022 dari segala jurusan. Beasiswa Internal yaitu beasiswa bersumber dana dari Kampus Politeknik LPP yang diberikan kepada peserta berprestasi maupun tidak mampu dengan memberikan bantuan keringanan biaya pendidikan. Skema bantuan pendidikan untuk program Diploma (D3) akan dikenakan UKT 0 (Gratis) pada semester ke- 1, UKT 1( Rp. 3.500.000) pada semester ke- 2 dan ke- 3 dan UKT 2 (Rp. 7.000.000) pada semester ke- 4, 5 dan 6. Skema bantuan pendidikan untuk program Sarjana (D4) akan dikenakan UKT 0 (Gratis) pada semester ke- 1, UKT 1( Rp. 4.000.000) pada semester ke- 2, 3 dan 4, UKT 2 (Rp. 7.500.000) pada semester ke- 5, 6, 7 dan 8. Seleksi terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Wawancara secara offline di Kampus Politeknik LPP atau di SMA/SMK/MA yang menjadi mitra Politeknik LPP sebagai penyelenggara seleksi. Jalur ini terbagi menjadi Program Beasiswa Unggulan (PBU) khusus siswa berprestasi minimal Juara III tingkat Kab/Kota dan Program Beasiswa Berprestasi Tidak Mampu (PB2TM) khusus siswa kurang mampu dg nilai rata-rata rapor dari semester I-V minimal 8.0 serta melampirkan piagam penghargaan (lebih diutamakan.

 

Jalur Alih Jenjang/Transfer

Jalur Alih Jenjang merupakan program yang dikhususkan bagi mahasiswa yang ingin melakukan studi lanjut. Program ini dikhususkan bagi lulusan yang memiliki jurusan yang relevan dengan jurusan yang akan diambil. Jumlah mata kuliah tambahan yang ditempuh ditentukan oleh masing-masing Kepala Program Studi. Program ini dibuka bagi mahasiswa internal lulusan Politeknik LPP Yogyakarta dan mahasiswa eksternal dari kampus lain dengan syarat Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,0. Mahasiswa yang ingin melanjutkan studi lanjut wajib mengikuti serangkaian Tes Potensi Akademik (TPA) serta wawancara jika diperlukan untuk penyesuaian mata kuliah yang akan ditempuh.

 

Beasiswa Perusahaan/Instansi

Beasiswa ini diberikan dari Perusahaan/Instansi kepada peserta dengan syarat dan ketentuan yg berbeda-beda tiap programnya. Beasiswa dapat berasal dari Perusahaan BUMN/Swasta sebagai bagian dari kebijakan CSR (Corporate Social Responsibility), Pemerintah Daerah, Yayasan dan Badan/Instansi contohnya Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Beasiswa ini dibuka secara incidental tergantung ketersedian dan kebijakan Politeknik LPP serta Penyandang Dana dengan syarat,  ketentuan dan tahapan seleksi yang akan tertuang di dalamnya.

Beasiswa dapat dibagi menjadi dua yaitu beasiswa parsial dan beasiswa penuh. Beasiswa parsial adalah bantuan dana yang hanya menutupi biaya studi saja tidak mencakup biaya akomodasi, asrama dan uang saku. Sedangkan beasiswa penuh adalah dana bantuan studi yang menutupi seluruh kebutuhan calon mahasiswa selama menempuh pendidikan mulai dari biaya studi, akomodasi, asrama, uang saku dan lain-lain.

 

Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP – Kuliah)

Jalur ini dikhususkan bagi lulusan SMA/SMK/MA-sederajat. Beasiswa ini adalah bentuk bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi calon mahasiswa memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Beasiswa KIP - Kuliah tersedia secara incidental sesuai dengan kuota yang tersedia. Kuota beasiswa ditentukan berdasarkan koordinasi Politeknik LPP Yogyakarta dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V DIY. Syarat, ketentuan dan seleksi akan diatur tersendiri.

31 Oktober 2021, 19:38:24
Butuh Bantuan? Hubungi Kami!